Sabtu, 31 Agustus 2013

Cara Penjualan Tiket Pesawat



Banyak sekali pertanyaan “Bagaimana cara menjual tiket ?? yang diajukan kepada kami, seperti yang kami alami saat ini dimana kami mempunyai ribuan member tetapi hanya sedikit yan  hal ini patut dimaklumi karena kebanyakan mereka adalah pemula yang belum berpengalaman di dunia ticketing atau penjualan tiket pesawat udara, dan lucunya banyak diantara mereka yang bahkan  belum pernah naik pesawat udara sama sekali.
g dapat menjalankan usaha penjualan tiket pesawat karena bingung harus bagaimana dan dengan cara apa menjual tiket pesawat,
Ok, kembali ke bagaimana cara menjual tiket pesawat ? saya akan sedikit sharing beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk berjualan tiket pesawat udara.

Dengan cara membuka counter atau tempat yang permanen, untuk membuka tempat usahakan di tempat yang strategis atau kalaupun tidak strategis anda bias mengiringinya dengan strategi promosi yang jitu, pengalaman saya pribadi saya mendirikan counter tiket ditepi jalan yang sebenarnya kurang strategis dari sisi bisnis karena jauh dari keramaian dan juga mayoritas penduduk sekitarnya buka perantau, tetapi dengan cara-cara promosi berikut ini, sekarang counter saya mempunyai omzet tidak kurang dari 100 juta/bulan, adapun cara-cara pemasarannya adalah :

  • Memasang Iklan di Koran, untuk yang ini saya memilih paket hemat seharga 250 ribu/bulan dengan formasi 5 baris iklan mini, lumayan lho hanya dengan 250 ribu yang kalo kita bagi sebulan berarti  jatuhnya sekitar Rp 8.300/hari, iklan kita sdh dapat dilihat oleh ribuan pembaca Koran, dalam hal ini saya menggunakan jasa Koran Harian Jawa Pos Radar Mojokerto, cara ini lebih efektif daripada anda membuat banner dan ditempelkan di pinggir-pinggir jalan, selain biayanya mahal juga pajak reklamenya cukup tinggi.
  • Berikan pelayanan yang ramah dan sabar, karena kadang-kadang beberapa konsumen sangat menjengkelkan, namun kita harus tetap melayani dengan baik.
  • Memberikan discount yang menarik untuk setiap pembelian tiket pesawat misalkan potongan sebesar 10.000/orang, ini sebagai cara untuk menjaga loyalitas pelanggan yang datang, terbukti dengan cara ini banyak diantara pelanggan saya yang mereferensikan agen tiket saya ke teman-teman, saudara, atau keluarganya, sehingga hal ini akan menciptakan efek pemasaran praktis dari Mulut ke Mulut.
  • Memberikan souvenir kecil setiap pembelian tiket, semisal bolpoint unik, ini juga sebuah cara yang dapat kita lakukan untuk membuat tempat penjualan tiket kita dikenal.
  • Satu lagi, saya mendisplay langsung harga tiket di depan calon pembeli tiket sehingga mereka tidak ragu-ragu atau sanksi dengan harga yang saya berikan, untuk ini saya menyediakan LED TV Samsung 43” , sehingga setiap calon pembeli saya memilih sendiri harga, waktu dan maskapai yang diinginkannya dari tampilan yang saya sajikan lewat layar lebar tersebut. Tetapi ini cukup ekstrem dan tidak perlu anda tiru jika anda baru mulai membuka counter, karena bisa menjadi boomerang buat anda. Tetapi jika anda berani melakukannya cara ini terbukti sangat efektif untuk menjaga loyalitas pelanggan.


Cara Penjualan tiket yang Kedua adalah dengan cara menawarkannya melalui teman-teman, saudara atau keluarga. Bisa kepada teman kerja, teman hobby atau teman-teman apapun di komunitas anda, karena saat ini hampir setiap orang membutuhkan tiket pesawat untuk perjalanannya.  Dalam kenyataanya jika anda dapat melayani mereka dengan baik maka merekapun akan mereferensikan anda kepada orang lain. Sebagai pendukung buatlah kartu nama yang mencantumkan nama dan alamat anda, sehingga suatu saat ketika mereka  membutuhkan tiket pesawat, mereka dapat segera menghubungi anda.

Cara penjualan tiket pesawat yang ketiga adalah melalui social media seperti facebook, twitter atau apapun yang dapat digunakan untuk promosi penjualan tiket pesawat, cara ini sangat banyak digunakan untuk pemasaran sebab praktis dan efektif.


Cara Penjualan tiket pesawat keempat adalah penjualan secara online dengan menggunakan website contohnya bisa anda KLIK DISINI,  website tersebut telah memberi omzet lebih dari 2 Milyard perbulan kepada saya, padahal biaya sewa hosting dan domain tidak lebih dari 1,5 juta pertahun, sementara tiket yang telah berhasil dijual sebanyak 23.000 tiket/tahun. Lumayan bukan ??

Masih banyak cara-cara lain yang bisa dilakukan untuk menjual tiket pesawat, intinya adalah tergantung seberapa kreatifnya kita, dan juga ber-etikalah yang baik dalam melakukan usaha penjualan tiket pesawat maka secara perlahan namun pasti anda akan merasakan kemajuan dalam usaha penjualan tiket pesawat.  Demikian sharing saya yang sederhana, sukses slalu untuk anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer